Jumat, 15 Oktober 2010

Peran Kebudayaan Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

www.gunadarma.ac.id

PERANAN BUDAYA LOKAL MEMPENGARUHI
BUDAYA BANGSA

Penyusun :
Harti Ningrum
1 EB 19
Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin
Topik : Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa
Kelas : 1 EB 19
Dateline Tugas : 16 Oktober 2010
Tanggal Penyerahan dan Upload Tugas : 16 Oktober 2010

PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim/pihak lain. Apabila terbukti tidak benar saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 dari mata kuliah ini.

Penyusun
NAMA
               NPM
Tanda Tangan
Harti Ningrum
23210166


Program Sarjana Ekonomi Akuntansi
Tahun 2010


KATA PENGANTAR
Kami panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Es, oleh karena rahmat_Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah Ilmu Budaya Dasar ini.
Selain sebagai tugas makalah ini saya buat bertujuan untuk membantu para pembaca dan mahasiswa tentang Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa. Pembuatan makalah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan para pembaca agar memahami pentingnya Peranan Budaya tersebut serta memberi manfaat dan pengetahuan.
Banyak sekali hambatan dalam penyusunan makalah ini baik masalah waktu, sarana dan lain-lain tetapi ada juga yang mendukung penyusunam makalah ini. Dalam makalah ini saya sebagai penyusun makalah ini mengucapkan terima kaasih kepada pihak yang telah membantu saya.
Saya harapkan makalah ini berguna bagi mahasiswa dan para pembaca, dan saya menyadari bahwa penulisan makalah ini terdapat banyak mkesalahan oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat saya butuhkan agar kedepanya bisa lebih baik lagi.
Jakarta, Oktober

Penyusun








DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN
KATA
PENGANTAR...................................................................................................i
DAFTAR
ISI.......................................................................................................................ii
BAB.1. PENDAHULUAN
1.Latar Belakang.................................................................................................1
2.Tujuan..............................................................................................................2
3.Sasaran............................................................................................................3
BAB.2. PERMASALAHAN
1.Analisis SWOT................................................................................................4
2.Kekuatan Peranan Budaya Lokal.....................................................................5
3.Kelemahan Peranan Budaya Lokal..................................................................6
4.Peluang Peranan Budaya Loka........................................................................7
5.Tantangan Peranan Budaya Lokal...................................................................7
BAB.3. PENUTUP
1.kesimpulan......................................................................................................8
2.Rekomendasi..................................................................................................8
3.Referensi.........................................................................................................8











BAB.1
PENDAHULUAN
1.     Latar Belakang
Banyaknya persoalan latar belakang pembuatan makalah yang berjudul peranan budaya lokal memperkokoh budaya bangsa adalah ditunjanng bahwa di era globalisasi sudah sangat beragam dan perlu di lestarikan, maka tidak menutup kemungkinan pentingnya bahwa peranan budaya lokal terhadap bangsa lain yang mempengaruhi citra dan pandangan yang positif dari bangsa indonesia.
Apabila kebudayaan yang ada di Indonesia dapat mentranformasi diri sebagai milik bersama dan kebanggan bersama yang di pangku oleh masyarakat lokal atau nasional, maka kebanyakan akan dapat berperan untuk meningkatkan ketahanan bangsa.
Hal ini menjadi suatu kebanggan sekaligus suatu tantangan bag seliryh rakyat Indonesia untuk dapat mempertahankan budaya lokal yang ada di tengah banyaknya pengaruh budaya asing yang dapat merusak budaya lokal.
Tugs ini tentunya di khususkan bagi generasi penerus bagsa agar tidak mengabaikan peran budaya lokal untuk memperkokoh budaya bangsa.










2.     Tujuan
Dalam memperkokoh suatu ketahanan budaya bangsa Indonesia ini kita mempunyai tujuan yaitu untuk mewujudkan pembangunan masyarakat agar dapat berjalan dengan lancar Mempelajari budaya lokal bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang budaya lokal yang dimiliki negara dengan budaya lokal, kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan peran budaya lokal. Pergaulan antar sesama manusia akan terjalin lebih baik dan rukun dapat terwjud, apabila di dasari atas rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain agar dapat menciptakan suasana yang lebih akrab. Adapun perbedaan yang ada dapat teratasi, yaitu apabila seseorang mengusahakan agar perbedaan itu tetap dapat mempersatukan kita dalam kesatuan yang indah.
Adapun tujuan lain dalam memperkokoh suatu ketahanan budaya bangsa Indonesia bagi masyarakat yaitu untuk menambah rasa kecintaan budaya tanah leluhur kita terhadap bangsa Indonesia demi tercapainya suatu perjuangan kepentingan bangsanya menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika dan memajukan pergaulan untuk meningkatkan persatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia menjadi lebih bangga apabila semua yang berhubungan dengan dilestarikannya budaya tersebut akan terwujud.












3.     Sasaran
Pada pembuatan makalah ini saya harapkan dapat lebih menyadari pentingnya menjaga kebudayaan bangsa karena kebudayaan sangat berperan penting dalam kemajuan bangsa. Seperti saat ini jelas kita kita ketahui banyak kebudayaan Indonesia yang di curi oleh negara lain, untuk itu kita sebagai generasi penerus harus tetap menjaga dan memeliharanya.
Dan bagi generasi sekarang pun perlu di ingatkan bahwa untuk memperkokoh suatu budaya lokal bangsa sangat dibutuhkan bantuan mereka, karena merekalah satu-satunya penerus dalam membudidayakan kesenian yang dimiliki Indonesia setelah di tinggalkan oleh nenek moyang kita agar kebudayan yang kita miliki tidak akan pernah punah sampai kapanpun dan akan terus berkembang dan dilestarikan oleh bangsa kita.













Bab.2
PERMASALAHAN
Analisis SWOT
Analisa SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor masukan, yang kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang harus diingat baik-baik oleh para pengguna analisa SWOT, bahwa analisa SWOT adalah semata-mata sebuah alat analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau yang mungkin akan dihadapi oleh organisasi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang “cespleng” bagi masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi.
Analisa ini terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
1. S = Strength (kekuatan), adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.
2. W = Weakness (kelemahan),adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.
3. O = Opportunity (kesempatan), adalah situasi atau kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.
4. T =Threat (ancaman), adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasi di masa depan
Budaya lokal merupakan salah satu kebudayaan besar yang mendominasi kebudayaan Indonesia, karena budaya lokal merupakan wujud dari keragaman bangsa Indonesia yaitu bangsa yang majemuk ( multikultural ). Selain itu budaya lokal juga memiliki fungsi memperkaya kebudayaan Nasional dan mempersatukan berbagai keragaman dalam semboyan bhineka tunggal ika.kebudayaan lokal yang dimaksud adalah budaya daerah yang berasal dari suku bangsa di Indonesia yang jumlahnya mencapai ratusan suku bangsa. Dalam membangun budaya di negara Indonesia apa yang harus kita lakukan agar selalu dikembangkan dan dilestarikan. Apalagi sekarang bangsa Indonesia sudah ditambahkan dengan perubahan-perubahan yang tidak seharusnya kita lakukan, seperti perubahan cara berpakaian, berbicara, dan makan. Hal itu di sebabkan karena adanya budaya luar yang masuk dan sudah banyak mempengaruhi budaya lokal kita sehingga kita terpengaruh untuk melakukan cara berbudaya seperti itu yang sangat bertolak belakang sekali dalam memperkokoh suatu ketahanan budaya yang kita miliki ini.
Tidak ada alasan untuk kita sebagai warga negara Indonesia untuk tidak takjub dan bangga terhadap bangsa ini,karena sebagian besar negara didunia menyatakan takjub dengan budaya bangsa Indonesia yang ternilai tidak ada duanya di dunia. Sampai-sampai di beberapa negara maju ada yang telah mendirikan sekolah yang mempelajari tentang budaya Indonesia, terutama seni musik dan seni tari.
1.     Kekuatan
Budaya lokal sebagai pembentuk bangsa merupakan poin penting yang tidak dapat dikesampingkan perananya,kebudayaan lokal yang berasal dari berbagai daerah berperan sebagai pembentuk keragaman yang memiliki ciri masing-masing. Budaya local tidak hanya menciptakan jati diri yang unik saja,namun juga mencerminkan sikap bangsa yang menghargai perbedaan,dan ini adalah salah satu sifat yang ingin dimiliki oleh bangsa lain didunia.
Ø  Kebudayaan Lokal menjadi sumber ketahanan budaya bangsa. Dengan perubahan budaya lokal kita yang di sebabkan pengaruh dari budaya luar kita dapat mengambil sisi positif yang bermanfaat, contohnya seni di negara Indonesia ini dapat bertambah,
sebagai contoh lain seperti model pakaian, ilmu pengetahuan dan teknologinya sehingga dapat membantu kita dalam mengembangkan dan melestarikan budaya kita yang sudah tertinggal ini. Karena dengan melihat ke budaya luar, kita dapat mencari inspirasi untuk mengembangkan budaya lokal kita agar lebih bervariasi lagi
Ø  Kekhasan budaya Indonesia. Kekhasan budaya Indonesia merupakan salah satu asset/pendapatan yang cukup besar karena daya tarik keanekaragaman budaya indonesi Terbukti banyaknya turis asing yang mencoba mempelajari budaya Indonesia seperti belajar tarian khas suat daerah atau mencari barang-barang kerajinan untuk dijadikan buah tangan. Ini membuktikan bahwa budaya bangsa Indonesia memiliki cirri khas yang unik.
Ø  Keanekaragaman budaya lokal yang ada di Indonesia, mempunyai budaya yang sangat beraneka ragam dan mempunyai ciri khas tertentu. Oleh karena itu kita harus tetap mempertahankan kebudayaan yang kita miliki, dan sebisa mungkin dapat di kembangkan kembali menurut aturan dan tata norma yang berlaku di Indonesia Adanya Konsep Pembangunan Berwawasan Kebudayaan,dan tidak berorientasi pada ekonomi saja Adanya suatu Pedoman Etika Kehidupan Berbangsa yang mengangkat nilai-nilai luhur budaya bangsa

2.     Kelemahan
Ø Minimnya komunikasi budaya
 Kurangnya komunikasi tentang kebudayaan menghambat perkembangan budaya kita,kita harus promosikan ke Negara-negara lain bahwa indonesi itu kaya akan akan keaneka ragaman budaya,itu juga menjadi salah satu pendapatan Negara Mungkin itu semua keunikan dari kesenian wayang yang mungkin banyak wisatawan meminati dan merasa tertarik dengan budaya Indonesia tersebut. Dan kita sebagai bangsa Indonesia pun menjadi lebih bangga dan senang karena masih ada beberapa negara lain yang ikut berpartisipasi dalam mengembangkan budaya lokal kita, sekaligus mereka pun sudah menghargai adanya kebudayaan yang kita miliki.
                          
Ø Kurangnya pembelajaran budaya
Masih belum optimalnya implementasi pembangunan berwawasan kebudayaan, tidak mampunya bangsa Indonesia mengadopsi budaya global yang lebih relevan bagi upaya pembangunan bangsa dan karakter bangsa,dari sekarang ini kita harus perlu tanamkan rasa kepemilikan,dan kepada para orang tua/yang lebih tua harus mengajarkan kepada kepada anak-anaknya tentang kebudayan Indonesia agar tidak hilang begitu saja.
Ø Kurangnya kesadaran masyarakat. Kesadaran masyarakat dalan memperkokoh kebudayaan bangsa adalah salah satu kunci utama, Dari berbagai macam jenis dan bentuk kesenian budaya yang dimiliki oleh Indonesia banyak sekali kesenian yang di klaim oleh pihak asing,hal ini tidak jauh dari kesalahan masyarakat Indonesia sendiri karena kurangnya peduli dan peran serta pelestarian budaya lokal.
3.     Peluang
Keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia seharusnya disyukuri karena hanya Negara Indonesia yang kaya akan kebudayaan. Itu semua merupakan karunia yang sudah diberikan sang pencipta kepada Indonesia. Namun, keanekaragaman yang dimiliki Indonesia, seringkali disalahgunakan oleh manusia.
Ø Kemajuan Pariwisata
Budaya lokal Indonesia sering kali menarik perhatian para turis mancanegara. Ini juga harus diwaspadai karena banyaknya aksi pembajakan budaya yang mungkin terjadi.
Ø Indonesia dipandang dunia Internasional karena kekuatan budayanya
Dengan kita menunjukan ke manca Negara bahwa Indonesia itu kaya akan berbagai macam budaya menjadi salah satu pandangan yang bahwa indonesi nantinya tidak di anggap mereh dengan Negara lain.
Ø Dengan mempertahankan kebudayaan maka bangsa ini dapat mewujudkan cita-cita bangsa yang luhur
4.     Tantangan
Yang menjadi tantangan bagi budaya lokal dalam memperkokoh ketahana budaya adalah tantangan zaman. Karena pada hakekatnya perkembangan budaya akan semakin berubah seiring dengan berjalannya perkembangan zaman. Misalnya Dengan masuknya kebudayaan barat kebudayaan barat memang memiliki nilai-nilai yang Positif,namun selain nilai-nilai positif yang dimilikinya kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia juga memiliki nilai-nilai negative, misalnya dari segi pakaian, budaya barat cenderung lebih terbuka dalam berpakaian, dengan masuknya budaya barat tersebut masyarakat Indonesia jadi cenderung mengikuti pakaian yang terbuka tersebut,padahal bangsa Indonesia adalah bangsa yang cenderung ketimur-timuran.
Bab.3.
PENUTUP
1.     Kesimpulan
Kebudayaan Lokal Indonesia adalah semua budaya yang terdapat di Indonesia yaitu segala puncak-puncak dan sari-sari kebudayaan yang bernilai di seluruh kepulauan indonesia, baik yang ada sejak lama maupun ciptaan baru yang berjiwa nasional.
Indonesia mempunyai budaya yang bervariasi oleh sebab itu kita sebagai penerus bangsa harus lebih menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia agar dapat memperkokoh ketahanan bangsa dan tidak terjerumus ke budaya asing yang bersifat negatif yang dapat merusak moral bangsa.
  1. Rekomendasi
a.       Meningkatkan kuallitas sumber daya manusia untuk memperkokoh kebudayaan bangsa
b.      Mempertahankan budaya lokal
c.       Merawat serta memelihara aset budaya lokal agar tidak rusak

3.     Referensi
http://google.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar