Sabtu, 23 Oktober 2010

Bab 5 Disain Dan Perilaku Organisasi

www.gunadarma.ac.id


PENGERTIAN ORGANISASI
Limabelas tahun sebelum pasukan komando israel berhasil membebaskan sandera di Entebbe (uganda), suatu cara pengorganisasian telah di pusatkan pada tujuan-tujuan yang dramatis seperti pembebasan para sandera tersebut. Dalam tahun 1961 Presiden John F. Kennedy menyatakan suatu tekat untuk mencapai suatu tujuan pendaratan manusia di bulan sebelum akhir dekade. Pada saat itu, belum ada orang yang mengetahui apakah bulan dapat didarati pesawat atau manusia, bahwa para ilmuan percaya bahwa permukaan bulan itu berdebu halus yang mingkin dapat menggelincirkan pesawat pendarat. Jika semua misteri itu dapat diatasi dan tujuan dapat dicapai, maka tugas tersebut akan menjadi salah satu tantangan organisasional terbesar dalam sejarah.
·         Apakah organisasi
Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan. Definisi organisasi itu mencakup tiga elemen pokok, yaitu : 1. Interaksi Manusia, 2. Kegiatan mengarah pada tujuan, 3. Struktur
·         Organisasi Formal
Organisasi formal merupakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab, dan pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan.
·         Organisasi Informal
Organisai informal adalah suatu  jaringan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.
·         Sentralisasi VS Desentralisasi
Organisasi yanng Disentralisir
Sebuah perusahaan yang mengambil kebijakan menempatkan wewenang pengambilan keputusan utama dan pengendalian di tangan beberapa eksekutif puncak disebut organisasi manajemen yang disentralisir. Jadi disentralisir merupakan sebuah sistem yang wewenag serta pengendaliannya dipegang disuatu pusat, atau biasanya eksekutif puncak.


Beberapa kebaikan organisasi yang disentralisir adalah :
1.      Bahwa pengendalian yang lebih efektif dapat dilakukan
2.      Cenderung memperpendek jangka pengambilan keputusan
3.      Memungkinkan bagi seluruh unit untuk mengikuti suatu rencana tindakan yang seragam
Keburukan organisasi disentralisir adalah :
1.      Jika Perusahaan berkembang dengan pesat, maka beban kerja pada eksekkutif puncak menjadi terlalu banyak
2.      Organisasi yang disentralisir hanya memberi pengalaman sedikit kepada para manajer muda dalam pengambilan keputusan
·         Organisasi Didesentralisir
Manajer yang didesentralisir merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelegasikan kepada jejnjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang tertinggi.
STRUKTUR ORGANISASI DAN
PENYUSUNANNYA
Setiap struktur organisasi akan lebih dulu memusatkan perhatian pada kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan
·         Pembentukan Struktur Organisasi
Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari tiga elemen kunci setiap organisasi yaitu :
1.      Interaksi Kemanusiaan
2.      Kegiatan yang terarah ke tujuan
3.      Struktur
Hierarki Tujuan
Hierarki tujuan organisasi berlingkup dari tujuan perusahaan keseluruhan sampai tujuan-tujuan khusus yang ditetapkan untuk masing-masing karyawan.


Depertementalisasi
Pembentukan struktur organisasi dimulai dengan penganalisisan kegiatan-kegiatan organisasi.
      Wewenang dan Tnggung Jawab
Dengan tumbunya organisasi, manajer harus menugaskan sebagian kegiatannya kepada bawahan agardapat mencurahkan waktunya pada fungsi-fungsi manajerial. Tindakan menugaskan kegiatan kepada bawahan ini disebut Pendelegasian.

·         Bentuk-bentuk Struktur Organisasi
Bagan yang dimaksud dinamakan bagan organisasi atau struktur organisasi. Yang menjadi dasar dalam organisasi ini adalah pembagian kekuasaan (authority) dan tanggung jawab (responsibility). Bentuk struktur organisasi bermacam-macam, yaitu: organisasi garis, organisasi garis dan staf, organisasi fungsional, komite dan organisasi matrik
a.       Kebaikan Organisasi Garis
·         Adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
·         Pimpinan dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan
·         Pimpinan dapat lebih cepat dalam memberikan perintah
·         Menghemat biaya
b.      Keburukan Organisasi Garis
·         Sering terdapat birokrasi yang menghambat jalanya perusahaan
·         Tidak adanya spesialisasi menyebabkan tugas yang berat bagi para petugas sehinnga kurang efisien
·         Kurangnya kerjasama diantara masing-masing bagian
a.       Kebaikan Organisasi Garis dan Staf
·         Pimpinan lebih leluasa dalam memberikan saran terhadap tugas khusus diluar bagiannya.
·         Staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai persoalan sehingga akan memperingan pekerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja
·         Staf dapat mendidik para petugas
·         Adanya kesatuan dalam pimpinan sehingga menciptakan aliran kekuasaan dengan jelas
b.      Keburukan Organisasi Garis dan Staf
·         Kadang-kadang staf tidak lagi memberi saran tetapi perintah, sehingga dapat menimbulkan pertentangan dengan manajer
·         Dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf dari pada atasanya
·         Staf dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil
a.       Kebaikan Organisasi Fungsional
·         Masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya
·         Tuggas para manajer menjadi lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi
b.      Keburukan Organisasi Fungsional
·         Membingungkan para pekerja karena tidak ada kesatuan dalam pimpinan
·         Tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasasn
·         Kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi
·         Kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan di antara para manajer.
Ø  Organisasi Komite
Untuk membuat komite haruslah memperhatikan syarat-syarat berikut ini:
·         Suasananya santai dan bersifat informal
·         Semua anggota komite ikut ambil bagian dalam membicarakan tugas-tugasnya
·         Komite mempunyai tugas-tugas yang dibebankan kepadanya
·         Masing-masing anggota komite bersedia mendengarkan pendapat anggota yang lain
·         Keputusan diambil secara konsensus
·         Masing-masing anggota bebas mengemukakan pendapat
·         Ketua komite tidak mempunyai kekuasaan atas yang lain
Ø  Organisasi Matriks
a.       Kebaikan Organisasi Matriks
·         Luwes
·         Memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah utama yang spesifik atau persoalan-persoalan teknis yang unik
·         Memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ada
b.      Kebueukan Organisasi Matriks
·         Beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisional
·         Manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian-bagian yang berbeda
·         Konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan manajer-manajer bagian lain



PERILAKU KEORGANISASIAN

Ø  Kelompok Kerja
Dalam organisasi bisnis kelompok kerja itu merupakansekumpulan karyawan yang secara bersama-sama mmempunyai pekerjaan serupa dan melihat diri mereka sebagai satu kelompok. Dalam beberapa hal kelompok-kelompok itu terbentuk karena karyawan mengharapkan lebih banyak manfaatpada pekerjaanya.
Keanggotaan dalam berbagi kelompok akan bergantung pada banyak hal, yaitu :
Keakraban satu sama lain
Kepentingan bersama
Pekerjaan serupa
Persahabatan
Ø  Motivasi
Motivasi merupakan motif intern yang menyebabkan orang berprilaku seperti yang mereka lakukan.
Teorimotivasi dari Maslow menekankan dua ide dasar, yaitu:
a.       Orang mempunyai banyak kebutuhan, tetapi hanya kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi saja yang dapat mempengaruhi prilaku manusia
b.      Kebutuhan manusia dikelompokan dalam sebuah hierarki kepentingan. Jika satu kebutuhan terpenuhi, kebutuhan lain yang tingkatanya lebih tinggi akan muncul dan memerlukan kepuasan.
Ø  Pekerjaan Dan Sikap Jabatan
Beberapa penelitian, antara lain dikemukakan oleh Max Weber (seorang psikolog Jerma, 1864-1920) yang pertama kali menggunakan istilah “Etika Prostetan” dalam bukunya berjudul “Protestan Ethic and the spirit of Capitalism” berkaitan dengan etika kerja. Keyakinan bahwa kerja keras adalah baik itu juga merupakan bagian dari etika kerja.
Moral merupakan sikap umum dari angkatan kerja dalam sebuah perusahaan terhadap jabatan mereka.Sedangkan kepuasan jabatan merupakan istilah lain yang memberikan arti banyak tentang hal yang ama.
Ø  Kepemimpinan
Dalam perusahaan kepemimpinan itu berkaitan dengan pengarahan kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan Macam gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam pperusahaan dapat membantu menciptakan lklim kerja bagi karyawan. Sebagai  contoh sebuah perusahaan di Amerika Serikat bernama Texas Instruments telah menciptakan iklim yang agak berbeda dari yang ada di perusahaan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar